Please leave a comment

Thursday, April 12, 2012

Aspek Demografi Peluang Usaha


Permasalahan dalam demografi yang dapat digunakan untuk membantu organisasi bisnis adalah ketika menentukan calon lokasi terbaik di area sebuah toko cabang atau outlet layanan, memprediksi permintaan produk baru, dan untuk menganalisis dinamika tertentu dari tenaga kerja perusahaan.

Permintaan akan suatu jenis barang dan jasa tergantung pada jumlah komposisi penduduk, pendapatan penduduk, kualitas dan harga barang, selera dan manfaat barang tersebut bagi penduduk/konsumen. Dengan mengetahui kelima variabel tersebut, kita dapat menduga kebutuhan (needs) serta keinginan (wants) yang terwujud dalam permintaan (demand), yang merupakan inti konsep pemasaran suatu barang.

Penduduk, baik sebagai individu maupun unsur rumah tangga, merupakan konsumen yang membeli atau membutuhkan barang dan/atau jasa untuk konsumsi atau investasi. Konsumen ini dapat dibedakan dalam berbagai kelompok yang berbeda menurut umur, pendapatan, pendidikan, mobilitas dan selera. Ciri-ciri konsumen tersebut dapat dipakai oleh produsen/penjual untuk menciptakan barang dan jasa yang lebih sesuai dengan kebutuhan hidup dan keinginan mereka.

Menentukan segmentasi pasar adalah langkah yang harus dilakukan sebelum menjual suatu produk dijual ke pasar. Hal tersebut terkait dengan penentuan sasaran yang dinilai prospektif dalam strategi pemasaran. Penentuan segmentasi pasar dilakukan dengan cara memecah beberapa konsumen yang prospek menjadi bagian kecil. Salah satu jenis segmentasi pasar adalah segmentasi demografi. Segmentasi demografi adalah pembagian pasar, dalam hal ini adalah masyarakat, menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variabel struktur kependudukan. Jenis segmentasi ini sering digunakan karena kebutuhan, keinginan dan tingkat penggunaan konsumen sejalan dengan jenis demografisnya.

Antara masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan memiliki gaya hidup yang berbeda. Masalah gaya hidup masyarakat di suatu daerah juga merupakan salah satu faktor penentuan segmentasi pasar berdasarkan gaya hidup. Pada dasarnya suatu komunitas masyarakat memiliki suatu karakter khusus yang tidak dimiliki oleh komunitas lain. Keberadaan karakter tersebut akan dipelihara terus oleh masyarakat. Realitas seperti itu dapat dijadikan sebagai peluang bisnis karena segala penampilan dan gaya hidup merupakan suatu hal yang terkait dengan komoditas. Misalnya, kita berada pada komunitas bikers yagn sedang booming akhir-akhir ini. Komoditas yang terkait dengan kegiatan tersebut merupakan peluang. Komoditas tersebut dapat berupa accesoris sepede, komponen dan lain sebagainya.

Salah satu faktor penentuan segmentasi yang memiliki prospek terbaik adalah segmentasi berdasarkan umur konsumen. Penentuan pasar akan dipengaruhi kebiasaan pada umur-umur tertentu dalam mengonsumsi suatu produk. Dengan gambaran tersebut maka konsumen akan terpisah menjadi bagian-bagian yang kecil. Di mana setiap bagian kecil tersebut memiliki peluang kesuksesan yang sama. Namun, harus ada penentuan konsumen dengan kisaran umur yang menjadi sasaran pemasaran. Dengan begitu karakter demografi menentukan pasar dengan mengacu produk dan umur.

Selain itu, Penentuan segmentasi pasar berdasarkan kekhasan suatu daerah yaitu produk yang disukai oleh suatu masyarakat terkait keberadaannya di suatu daerah merupakan peluang bagus bagi pebisnis. Salah satunya, terkait perdagangan produk furnitur. Jika kita mendapatkan pesanan dari suatu daerah maka kita harus menyesuaikan konsep pesanan tersebut dengan kekhasan daerah tersebut.

0 comments

Post a Comment