Please leave a comment

Thursday, January 19, 2017

Negeri-negeri 'Terkutuk'(?)

Negara-negara beriklim tropis sejatinya adalah negara-negara yang Kaya. Namun kekayaan yg dimaksud disini hanya dari kekayaan alamnya, melimpah-ruah bahkan hampir bisa dikatakan bahwa di negara-negara tropis lah sumber kekayaan bumi terpendam.

Dalam ilmu geografi, negara-negara tropis adalah negara yang berada diantara 23.5° lintang utara dan 23.5° lintang selatan. Jika dilihat dari dalam peta maka perinciannya sebagai berikut:

Semua negara di Asia Tenggara beriklim tropis, Hong Kong, Taiwan, India, Bangladesh, Sri Lanka, Maldives, Arab Saudi, Oman, dan Yaman.Catatan : Taiwan, India, Bangladesh, dan Arab Saudi hanya sebagian wilayah selatannya saja yang beriklim tropis. Afrika :Hampir semua negara Afrika beriklim tropis, kecuali Mesir, Libya, Aljazair, Maroko dan Afrika Selatan. Negara di Afrika yang beriklim tropis antara lain Zaire, Kenya, Kongo, Gabon, Uganda, Somalia, Ethiopia, Kamerun, Nigeria, Sudan, Ghana, Pantai Gading, Rep. Afrika Tengah, Guinea,dan lain -lain. Amerika:Ekuador, Kolombia, Venezuela, Brasil, Guyana, Guyana Perancis, Suriname, Peru, Bolivia, Panama, semua negara di Amerika Tengah & Karibia, dan sebagian Meksiko.

Jika diperhatikan, secara umum negara-negara yang saya sebutkan di atas semuanya tergolong negara-negara sedang berkembang atau bahkan malah negara miskin (di benua afrika, red). Namun jika kita gali lebih dalam, negara-negara di atas adalah negara dengan kekayaan alam yang sangat berlimpah. Contoh kecil saja, Indonesia, sudah tidak perlu saya jelaskan detail bgmn kekayaan alamnya mulai dari perhutanan, perikanan, pertanian, hingga sektor pertambangan.

Bergeser ke barat ada benua afrika, yakni kumpulan beberapa negeri yang secara kasat mata memang seolah tandus. Akan tetapi, kita tahu pada era kolonialisme negara-negara eropa berebut mendapatkan wilayah di dataran afrika sana. Karena ternyata dibalik gersangnya tanah afrika, terdapat kandungan mineral yang berlimpah.
Afrika merupakan wilayah penghasil beberapa mineral terbesar di dunia.  50 persen produksi emas dunia berasal dari Afrika Selatan, Zimbabwe, dan Republik Demokratik Kongo. Selain itu, Afrika juga memiliki negara produsen minyak mentah besar seperti Nigeria, Libya, dan Angola. Mineral-mineral lain yang banyak dieksploitasi di Benua Hitam ini yaitu kobalt, tembaga, khromium, uranium, platina, dan bauksit.

Bergeser lagi ke barat, benua Amerika. Tepatnya amerika selatan. Kita tahu bahwa beberapa penghasil minyak dunia ada di dataran amerika selatan. Tak cukup dari pertambangan yg melimpah, tak kalah juga kekayaan yang mereka miliki di sektor 'hijau-hijauan'. Salah satu hutan hujan tropis terluas ada di sana, Amazon. Keadaan dan kekayaan geografisnya, flora dan fauna tak kalah eksotinya dengan asia tenggara.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, negeri-negeri di atas iklim tropis cenderung miskin dan kalah dengan negeri-negeri lain di luar tropis. Mengapa demikian? Jawabannya tentu ada di sektor Sumber Daya Manusia (SDM) nya, tepatnya mental dan etos kerja. Sebagai perbandingan mencolok, ada di benua biru (eropa). Dengan terbatasnya kekayaan alam yang ada, penduduk eropa mempunyai etos kerja yang tinggi. Saat ini mgkn tidak ada eksplorasi alam satu pun (di negeri-negeri dg alam melimpah) tanpa melibatkan orang-orang benua biru. Kalaupun ada, toh itu pun hanya proses nasionalisasi dari eksplorasi yg awalnya dilakukan orang-orang eropa.

Orang eropa dahulu terbiasa dengan ujian berat dari kurangnya sumber-sumber kehidupan yang mereka punya. Melalui beberapa revolusi, yang puncaknya adalah revolusi industri, negeri eropa berkembang menjadi negeri yang makmur seolah negeri eropa adalah negeri yang kaya, dari susu SDAnya. Selain itu, revolusi mental di eropa berkembang lebih cepat dari negeri lainnya. Contoh kecilnya kawasan skandinavia. Skandinavia adalah tempat tinggal kaum bar-bar, bangsa Vikink. Sekarang, kawasan skandinavia berubah total menjadi negeri dengan tata kelola pemerintahan yang baik, norwegia menjadi negara dengan penduduk paling bahagia di dunia, serta masuk jajaran 5 besar negara dengan tingkat korupai paling kecil di dunia.

Oleh sebab itu, sangat pantas bahwa negeri negeri beriklim tropis adalah negeri-negeri dengan kutukan sumber daya alam melimpah. Membuat masyarakatnya terlena dan terbiasa sejak dahulu kala "dilayani dan dimanjakan" oleh alam. Tak heran etos kerjanya pun rendah. Dan hanya menjadi 'kacung' negeri-negeri eropa.

~M.H.I.A~

3 comments

Unknown January 19, 2017 at 8:26 PM

Iki tulisanmu sim...

Muhammad Hasyim January 20, 2017 at 10:51 AM

Yoi...

Duta Rakindo June 5, 2018 at 9:47 AM


Selamat siang
Pusat Belanja Rak Minimarket
Duta Rak Merupakan pusat belanja rak online dengan transaksi yang aman dan terpercaya. Produk dan pelayanan kami merupakan solusi kebutuhan perabot Usaha Retail, Kantor, Industri dan Pergudangan. Kami menyediakan Rak Minimarket, Rak Supermarket, Rak Hypermarket, Convenience Store, maupun Wholesale. Selain Rak Market, kami juga menyediakan bermacam Meja Kasir, Rak Buah, Rak Bakery , Troli , Aksesoris , keranjang, Jolly Box, dan Rak Gudang ukuran ready ataupun Custom. Duta Rak menggunakan sistem knock-down yang presisi dan mudah dirangkai, struktur modular yang memudahkan baik untuk pengaturan denah maupun untuk penambahan komponen bila dibutuhkan. Produk kami memiliki standar ukuran yang bervariasi, dan aksesoris yang lengkap sebagai penunjang presentasi produk. Kenapa memilih kami ? Finishing Coating Powder, Pengiriman Cepat, Kemasan Terjamin, Gratis Desain Layout, Bebas Konsultasi.
Hubungi segera kami di Jl. Raya Serang KM 24 Kec. Balaraja Barat Kabupaten Tangerang
Get a quote: 081213-3040-75
http://www.dutarak.com/
http://jualrakshelving.blogspot.co.id/
https://rakshelving.wixsite.com/rakgudangminimarket

Post a Comment