Please leave a comment

Sunday, February 10, 2019

Tata Kelola Manajemen UMKM: Kajian POAK pada Unit Usaha Kerajinan Sanitair Kota Malang

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Dalam mata kuliah manajemen kita mengenal istilah fungsi-fungsi manajemen. Fungsi-fungsi manajemen tersebut merupakan dasar yang harus diketahui dan dilakukan bagi semua organisasi baik itu perusahaan maupun lainnya. Fungsi-fungsi manajemen tersebut ialah perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, dan pengendalian. Sebagai seorang manajer, pastinya tidak akan dapat melakukan keempat fungsi tersebut secara sempurna karena para manajer akan sangat sibuk dan kesibukannya pun akan terpecah-pecah. Sehingga penting untuk kita melakukan observasi secara langsung tentang bagaimana pengaplikasian keempat fungsi manajemen tersebut dalam suatu organisasi (perusahaan).

1.2  Tujuan

Tujuan yang dapat kita peroleh dari pembuatan makalah ini yaitu kita dapat mengetahui aplikasi nyata (riil) tiap-tiap fungsi manajemen dalam suatu perusahaan. Kita juga dapat mengetahui seberapa keefektifan dari fungsi-fungsi manajemen tersebut.

BAB II
PE
MBAHASAN

2.1 Gambaran Umum

Nama Perusahaan                    : UD Putra Pendowo
Pemilik                                    : Bapak Hence
Lokasi                                     : Candi 2, Karang Besuki.
Produk Yang Dihasilkan         : Interior dan Sanitair

2.2  Pembahasan Aplikasi Fungsi Manajemen

2.2.1        Perencanaan

Perencanaan (Planning) adalah proses penetapan tujuan yang akan dicapai dan memutuskan tindakan tepat yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut (Bateman, 2014). Aktivitas perencanaan termasuk manganalisi situasi saat ini, mengantisipasi masa depan, menentukan sasaran, memutuskan dalam aktivitas apa perusahaan akan terlibat, memilih strategi dan menentukan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasionalnya.
Dalam Perusahaan UD Putra Pendowo, Bapak Hence selaku pemilik perusahaan tersebut mengaku bahwa usaha tersebut sudah dari dulu ada yang artinya beliau mendapat warisan dari generasi sebelumnya. Perusahaan tersebut berdiri di atas tanah yang dimiliki oleh Bapak Hence bukan dengan menyewa lahan. Perusahaan Pak Hence mempunyai tujuan yaitu mengahasilkan karya kerajinan bidang interior dan sanitair yang memiliki keunggulan dibandingkan perusahaan lainnya serta tentunya agar dapat meraih keuntungan besar. Bapak Hence mengaku bahwa strategi yang beliau pilih dalam menghadapi faktor internal yaitu mengahadapi para pesaing adalah dengan tetap melihat perkembangan zaman (up to date) serta mengikuti selera pelanggan sehingga produk yang dihasilkan tetap inovatif dan tidak akan membuat pelanggan bosan. Hasil karya UD Pendowo ini telah mencapai aktivitas perdengangan luar kota bahkan luar pulau yang disebutkan dalam wawancara ini yaitu hasil karya yang dikirim hingga ke NTT. Pak Hences berharap bahwa produknya akan mencapai pasaran luar negeri. Dengan sumber daya yang mudah untuk ditemukan di daerahnya (Malang), Pak Hence mengaku tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam memproduksi kerajinannya.

2.2.2        Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah mengumpulkan dan mengorganisasikan manusia, keuangan, fisik, informasi, dan sumber daya lain yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama (Bateman, 2014). Aktivitas pengorganisasian termasuk menarik orang ke dalam organisasi, menyusun tanggung jawab pekerjaan, mengelompokkan pekerjaan ke dalam unit-unit kerja, mengumpulkan dan mengalokasikan sumber daya, dan menciptakan kondisi sehingga orang dan berbagai hal bekerja sama untuk mencapai kesuksesan maksimal.
Dalam Perusahaan UD Putra Pendowo, Bapak hence sebagai pemilik tidak memiliki manajer, memiliki 12 karyawan tetap dimana 12 karyawan tersebut dibagi menjadi 3 pembagian kerja (division of work) sebagai berikut:
1.      Pencetok : Tugas Pencetok adalah membuat cetakan nya, setelah dibuat model cetakannya, karyawan yang bertugas sebagai pencetok ini
2.      Pemasak : Setelah dicetok, tugas selanjutnya adalah tugas pemasak. Dimana tugas si pemasak ini memanaskan agar bahan yang sudah dicetok tadi mengeras. Sehingga hasil cetakan tersebut dapat di proses ke tahap selanjutnya.
3.      Pemasang : Setelah dimasak / dipanaskan, bahan – bahan yang sudah dipanaskan tadi dipasang sesuai dengan desain yang diminta.
Setiap pembagian kerja tersebut di ada 4 karyawan. Dalam setiap divisi tidak ada ketua divisi sehingga semua karyawan tersebut langsung bertanggung jawab atas pekerjaannya kepada Bapak Hence. Perekrutan karyawan tersebut tidak menggunakan seleksi / semacamnya, Bapak Hence menginginkan meraka yang bekerja disini mampu bekerja secara fisik, jadi mereka harus memiliki fisik yang kuat dan untuk masalah bisa atau tidaknya semisal dalam mencetok, Bapak Hence mengaku lama-kelamaan disini bisa dengan sendirinya.

2.2.3        Fungsi Pengimplementasian

Fungsi pengimplementasian (Directing) yakni implementasi strategi dan taktik yang telah disusun dan dijalankan oleh individu-individu dalam susunan organisasi sesuai dengan tugasnya masing-masing agar tujuan organisasi tercapai (Bateman, 2014). Disini manajer melakukan interaksi harian dengan orang-orang, memandu dan menginspirasi mereka dalam mencapai tujuan tim dan organisasionalnya.
           Dalam perusahaan UD Putra Pendowo, pegawainya sangat mudah diatur, sehingga dapat melancarkan proses pekerjaan mereka dan bisa mendapatkan hasil yang baik. Pemasaran kerajinan dari UD Putra Pendowo ini juga sangat lancar hingga barang bisa dikirim ke luar daerah seperti NTT. Bapak Hence mengaku bahwa pesaing dari perusahaan ini juga lumayan banyak, namun beliau tidak takut menghadapinya karena itu semua tergantung bagaimana cara manajer dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kulitas bahan/produknya.

2.2.4        Fungsi Pengendalian

Pengendalian (Controlling) merupakan fungsi manajemen untuk memonitor kinerja dan melakukan perubahan yang dibutuhkan. Dengan pengendalian, manajer memastikan bahwa sumber daya organisasi digunakan sesuai dengan yang direncanakan dan organisasi dapat mencapai tujuan-tujuannya dengan efektif dan efisien (Bateman, 2014). Pada saat manajer melaksanakan rencana, mereka sering menemukan sesuatu yang tidak sesuai rencana. Fungsi pengendalian memastikan tujuan tercapai.
Perusahaan UD Putra Pendopo dalam melakukan evaluasi pekerjaan adalah Bapak Hence tidak langsung memarahi bawahannya atau langsung memecat bawahannya tapi dia menggunkana cara dengan berkomunikasi kepada bawahannya agar bawahannya tidak melakukan kesalah lagi. Dalam hal ini dapat dikatakan manajer melakukan komunikasi dan memberi motivasi kepada karyawan baik secara individu maupun kelompok.





BAB III
PEN
UTUP

3.1 Kesimpulan

Dari observasi yang telah kami lakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagai seorang manajer / pemilik harus memberikan perhatian yang cukup terhadap keempat fungsi manajemen tersebut. Agar semua rencana dapat berjalan dengan lancar dan tepat. Pemilik / manajer yang hebat adalah dia yang berhasil melakukan 4 fungsi manajemen, karena apabila seorang manajer sudah melakukan 4 fungsi tersebut berarti manajer serius menangani perusahaan tersebut sehingga perusahaan tersebut bisa berkembang dengan baik. Hasil observasi terhadap perusahaan UD Putra Pandowo dimana Pak Hence sebagai manajer kami rasa telah cukup dalam mengaplikasikan keempat fungsi manajemen tersebut meskipun masih sangat sederhana.

3.2 Saran

            Setelah melakukan observasi, menurut kelompok kami saran yang pertama ialah apabila UD PUTRA PENDOWO ingin lebih produktif dan mencapai pasaran ekspor ke luar negeri Pak Hence harus membuat lebih banyak macam desain yang tentunya masih up to date dan mengikuti selera konsumen serta dapat juga memnafaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya entah itu melalu facebook, instagram, dan lain sebagainya sehingga masyarakat sebagai sasaran penjualannya akan lebih mudah mengetahui dan lebih tertarik untuk membelinya. Kedua yaitu masalah pembagian kerja, sebaiknya dalam setiap divisi terdapat seorang ketua yang dapat memimpin, mengawasi, dan mengendalikan bagaimana para anggota tersebut bekerja setiap masing-masing bagiannya. Dengan begitu maka akan lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan bersama.

0 comments

Post a Comment